Sabtu, 01 Agustus 2020

KEGIATAN TIM PATROLI TERPADU PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DIWILAYAH KECAMATAN RASAU JAYA

Telah dilaksanakan kegiatan Patroli Terpadu Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) diwilayah Kecamatan Rasau Jaya. 

Adapun petugas patroli terdiri dari tim gabungan dan berada dalam Posko 04 (BPPIKHL) Desa Rasau Jaya Dua, antara lain sebagai berikut :

Tindakan yang telah dilakukan dalam kegiatan tersebut :
Tim melakukan sosialiasasi dengan Bpk. Mardo salah satu petani sawit, di Dusun Tanjung Wangi. menyampaikan Larangan tentang pembukan Lahan dengan cara membakar dan memberikan pandangan tentang dampak bahaya dari Karhutla itu sendiri. Dan harus mewaspadai pada saat musim panas seperti saat sekarang ini.

Masih di Dusun Tanjung Wangi Tim memberhentikan ibu-ibu yang baru pulang dari pasar yaitu ibu Lasti. Tim  mensosialisasikan tentang larangan membakar dalam  pembukaan lahan, serta menyampaikan dampak bahaya yang ditimbulkan dari Karhutla dan mensosialisasikan wabah covid-19, agar selalu menjaga jarak dan kesehatan serta menggunakan masker bila berpergian.

Adapun hasil dari kegiatan tersebut antara lain sebagai berikut :
• Menemukan Lahan tidur yang tidak diketahui pemiliknya, di Dusun Tanjung Wangi
• Tim Membagikan leaflet dan poster tentang bahaya Karhutla serta mensosialisasikan bahaya covid-19, Serta memberikan pemahaman tentang Karhutla.
• Tim Selalu mengingatkan tentang Covid-19 dan Selalu menjaga jarak dari keramaian dan wajib menggukan masker jika berpergian.

Bahwa Kegiatan Patroli Terpadu dalam rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tergabung dalam anggaran Wilayah Kerja Daops Manggala Agni Kalimantan Barat VIII/Pontianak - Prov. Kalimantan Barat.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada warga yang hendak membuka lahan dan mampu mendeteksi terjadinya sumber api sehingga hotspot diwilayah Kecamatan Rasau Jaya dapat diminimalisir keberadaannya. 

Dalam pelaksanaanya selalu berkoodinasi sesama petugas dilapangan dan benar-benar menyentuh masyarakat petani sehingga Karhutla diwilayah Kec. Rasau Jaya dapat berkurang dan program dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dalam Rangka Giat Jumat Curhat, Bhabinkamtibmas Laksanakan Sambang Warga Binaan

Polsek Rasau Jaya - Sebagai Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Bhabinkamtibmas Polsek Rasau Jaya Aiptu Partono ditunt...