Minggu, 08 Maret 2020

LAHAN PERCONTOHAN PENGOLAHAN LAHAN GAMBUT DENGAN TIDAK MEMBAKAR DIWILAYAH RASAU JAYA

Pada hari ini Minggu tanggal 08 Maret 2020 pukul 07.00 wib telah berlangsung kegiatan pengolahan lahan dengan tidak membakar yang diadakan oleh Sat Binmas Polres Kubu Raya yang bekerja sama dengan Gapoktan Desa Rasau Jaya Satu Kec. Rasau Jaya. 

Adapun kegiatan tersebut adalah program Kapolres Kubu Raya dalam menindak lanjuti pembukaan lahan tanpa bakar, bekerja sama dengan Kelompok Tani *Surya Mandiri* yang tergabung dalam Gapoktan *Makarti Mukti Tama* Desa Rasau Jaya Satu pimpinan Bpk. Poernoto CP:081
Lahan yang digunakan merupakan lahan yang sudah jadi dan pengerjaanya dengan mengumpulkan rumput dan nantinya akan dicincang kemudian dicampur dengan kotoran sapi yang ditutup rapat dengan menggunakan terpal. Dan kedepannya Kapolres Kubu Raya akan menyumbangkan alat yang sudah pernah disosialisasikan oleh Manggala Agni (alat pembuat cuka kayu). 

Jenis tanaman yang dipakai oleh kelompok tani adalah tanaman jenis jagung pipil merk Pioneer, penggunaan jagung pipil diharapkan dapat peningkatan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Kubu Raya khusunya wilayah Rasau Jaya. 

Bahwa kegiatan tersebut merupakan program Kapolres Kubu Raya yang bekerjasama dengan Gapoktan Desa Rasau Jaya Satu Kec. Rasau Jaya sebagai Demplot pengolahan lahan gambut dengan tidak membakar. 

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mampu memberi gambaran / percontohan bagi para petani lain dalam pengolahan lahan tanpa membakar sehingga kegiatan tahunan tentang Karhutla dapat diminimalisir terlebih dapat ditiadakan.

Agar dilakukan sosialisasi terhadap kegiatan tersebut dan dapat dipublikasikan kemedia sosial sehingga dapat menjadi gambaran kepada masyarakat mengenai pengolahan lahan yang bersahabat dengan alam dengan tidak merugikan orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dalam Rangka Giat Jumat Curhat, Bhabinkamtibmas Laksanakan Sambang Warga Binaan

Polsek Rasau Jaya - Sebagai Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Bhabinkamtibmas Polsek Rasau Jaya Aiptu Partono ditunt...